Kenapa masih ada yang menganggap Gothic adalah Satanic ???

Posted: October 26, 2009 in the immortal of conscience

Behemoth_31

Banyak orang yang sering salah paham tentang gothic-ism. Bahkan kadang kali banyak tanggapan yang sering melenceng tentang penganut gothic-ism. Ada yang bilang bahwa penganut gothic-ism juga terkait dengan penganut satanism, kekerasan, suicidal, dan hal negatif lainnya.

Sebenarnya apaan sih gothic culture? Definisi tentang gothic culture itu masih sangat luas dan belum bisa didefinisikan, karena belum ada peneliti yang benar-benar niat buat jadiin ini sebagai salah satu ilmu. Intinya sich begini, itu semua terserah masing-masing individu pengen ngartiin gothic bagaimana bentuknya. Sebenarnya para gothess (pecinta gothic) itu ngga se-gelap yang lu kira, para gothess sebenarnya adalah orang yang anti-kekerasan, damai dan toleran. Para gothess banyak yang menulis kalau mereka mengalami depresi, desperate, keluarga yang disfungsional, masa kecil yang kelam, marah, kecewa, sedih dan benci. Percaya atau tidak, semuanya ini ditulis di dalam 640 web yang ada di dalam gothic web ring, dan isinya rata-rata sama. Kebanyakan gothess memang menyukai main game-game RPG (role-playing game), bukannya karena cupu atau memiliki fantasi yang berlebihan, tetapi dikarenakan adanya tantangan kreatif dan mengasah otak di dalamnya.

Kenapa akhir-akhir ini gothic selalu dikaitkan dengan agama dan kepercayaan? Hal itu dikarenakan salah satu artis yang selalu berdandan gothic yang dikenal dengan nama Marilyn Manson diangkat menjadi pendeta di gereja setan, oleh Anton Lavey. Awalnya sih sepihak, tapi lu pada tau khan gimana akhirnya. Ngga semua gothess pengikut gereja setan. Banyak gothess yang masih memegang kristianitas mereka, atheisme, agnoticism, new age, gnosticism, shamanisme, wicca, tradisi neopagan, dan kepercayaan-kepercayaan minoritas lainnya.

Nah, kalo pada musik mungkin sudah pada tau semua bahwa gothic erat dengan nada-nada yang cukup mendayu (tapi nggak mellow) dengan lirik yang penuh dengan depresi, gloomy, kesedihan, kekecewaan, kebencian, atapun pemberontakan dan perlawanan yang tidak tercapai dan terhenti ditengah jalan. Kalo dilihat dari sejarahnya, gothic jelas sekali lahir dan berkembang di daratan Eropa. Band-band yang beraliran gothic pun juga tumbuh dan berkembang subur di daratan Eropa, sebut saja Within Temptation, Xandria, Theatre of Tragedy, dan lain sebagainya berasal dari Eropa. So, salah besar kalo ada yang bilang Evanescence adalah pelopor band gothic (Evanescence kan baru, lagian asalnya aja dari Amrik, trus komersil boanget lagi. Kayanya nggak ada dech kultur mereka yang bersinggungan dengan gothic…). Musik-musik goth sendiri, oleh media selalu dikaitkan dengan topik-topik yang memprovokasi, serba satanisme, rasial, perang, dan kebencian terhadap golongan tertentu.

Padahal gak sebegitunya. Referensi musik bagi yang tertarik dengan goth-music : NIN, a Perfect Circle, Tweaker, Professional Murder Circle, Cradle of Filth, HIM (His Infernal Majesty), Sopor Aeternus, Within Temptation, Lacuna Coil, Bauhaus, Siouxsie and The Banshees, the Sisters of Mercy, Dead Can Dance, Moi dix Mois, Malice Mizer, Blood, Earl Grey, Madeth Gray’ll, Kana, Amadeus, Mirage, Merry Go Around dan masih banyak lagi. Coba liat EPICA deh… kan keren Abis!

Pada awalnya musik gothic itu berasal dari nama suku bangsa yang merupakan kakek moyang dari bangsa Jerman. lalu musik gothic tidak bisa disebut musik setan karena yang ditawarkan bukan kebencian. Gothic condong ke nuansa yang sedih tapi tidak gelap kayak black metal yang simbol pentagram, hexagran di pakai oleh band band black metal dan sebagian death metal.

Memang belum ada peneliti yang benar-benar detail memberikan arti kata Gothic itu sendiri tapi karena aliran musik metal luar biasa berkembang nya apalagi di era tahun 93 band gothic di eropa bagaikan bak jamur di musim hujan. Semoga dalam waktu dekat ada peneliti yang meneliti dengan seksama tentang Gothic mulai dari suku bangsa, arsitektur samapai ke musiknya.

Cradle of Filth dari london menganut aliran melodic black metal, memang musiknya ada yang cenderung ke nuansa Gothic seperti lagu Nymphetamine, dan Temptation. tapi jika anda penggmar musik underground seharusnya bisa membedakan antara Gothic, Black, death, thrash, sludge, power, doom,dan masih banyak yang lain nya yang mana tidak ada di indonesia seperti stoner metal dll.

Berbagai aliran gothic bisa di lihat jika anda sekalian tahu berbagai aliran musik gothic karena paling tidak ada beberapa aliran musik gothic: gothic classic : Epica dan Haggard, Nightwish , gothic black metal : the sins of thy beloved, theatre of Tragedy lalu gothic rock : after forever, within temptation dan masih banyak lagi, ada juga gothic murni, gothic choir dll.

Sebagai contoh lyric dari Mr David lagunya within temptation dari album the silent force 2004 yang judul nya “see who iam ” kebetulan gue punya albumnya, harus diakui memang ada band gothic yang memainkan nada yang sedih seperti lacrimosa, yang menceritakan penderitaan tapi ingat bahwa band yang memainkan lyric seperti itu biasanya band yang menganut aliran doom metal seperti MY Dying Bride.
Jadi gothic tidak cenderung ke arah satanic karena yang ke arah satanic adalah band band yang menganut aliran black metal : dimmu borgir, Windir, Satyricon, Christ Denied….etc.

(tulisan ini diambil dari berbagai sumber, ada hasil diskusi dibeberapa forum dan sumber lainnya. Contoh nama band yang gue tulis tidak berarti gue menyukai atau tidak menyukai, karena musik sifatnya universal. Maaf kalo ada kata yang salah.. Cuma, jangan samakan lagi Gothic dengan Satanic)

Comments
  1. mhey says:

    sieeep,,kerend..gothic emang kerend,,gag slalu brbau kmatian,kekerasan,ilmu hitam,,ato smuanya yg jeleg2..
    gothic thu kerend…

  2. all ight..w setuju..gotic tuw cuma aliran music ma style qtaa yang menandakan qt frustazii,or pokok iank sedih” gtu..gag selalu berbau setan…tapi orang biasanya cuma anggep sebelah mata…pokoknya goth is my style…

  3. sansan says:

    sibv bnr bgt kk

  4. sex filmiki says:

    You may have not intended to do so, but I think you have managed to express the state of mind that a lot of people are in. The sense of wanting to help, but not knowing how or where, is something a lot of us are going through.

  5. sang pencabut rumput says:

    boss coba jelaskan dgn perbandingan ciri khas lagu black metal dan lagu gotik itu apa????
    gw pengen tw apakah dr segi drum atau dr segi apa gtu…..
    truss knapa banyak orang bilang lagu gotik itu pembrontakan trhadap lagu gereja…….
    bls plisss

    • kazegatana says:

      Bro.. ciri paling khas dari black metal atau Gothic itu ada pada jiwanya.. Gothic lo bisa lihat lirik Gothic tidak suka memaki atau menghujat… kalau pun ada hanya mengandaikan dengan menghujat diri sendiri, self destruction gitu.. jadi gak rusuh atau menuding dan menyalahkan orang. Suasana Gothic memang cenderung mendung dan kelabu, tapi kalo mendengarnya tetap optimis… lo pernah nonton film Final Fantasy ? itu sountrack nya banyak Gothic lho…

      Soal pemberontakan pada gereja ?? siapa bilang… mungkin karena zaman gothic adalah abad pertengahan dimana saat itu lagi kisruh antara roma dan gereja lainnya.. tapi sebenarnya bukan itu… gak kok, ini bukan tentang agama… bukan bro..

      Semoga jelas…
      Gue gak bilang gothic lebih bagus dari yang lain, gak.. karena gue menghargai semua aliran… dalam menilai aliran, kita gak bisa lihat dari drum nya atau gitar.. kalo lo lihat sepultura, memang beat nya sangat cepat tapi isi liriknya bagus, walau cara penyampaiannya berbeda…

      Gothic lebih mementingkan harmonisasi, makanya kebanyakan vokalisnya adalah cewek dengan kualitas suara yang sangat bagus, lo lihat aja vokalis Nightwish yang lama.. tarja Turunen, keren banget kekuatan vokalnya… gue saranin search aja mp3 Nightwish-Wish I have an angel.

  6. gOthic lOveRs says:

    bro kalo ada yg tau lebih banyak lagu2 gothic yang bagus .. kalo bisa judulna bro sama nama artisnya.. g kadang search artisnya aja buset dah malah judul lagu org smua.. info ke email gue ya bro thx..

  7. gOthic lOveRs says:

    ooo iya trus dimana g bisa download lagu2 gothic .. kadang g seacrh di web lokal sama di 4shared.com ga ada .. klo ada mail me tq .. ke
    gothic4symphonic@yahoo.com

  8. Share aja says:

    Black Metal sm Gothic itu beda ya ?

    terus Kalo Gorgoroth masuk aliran mana ?
    trus kalo Cradle of Filth hmmmm , ane tau nya dia ini Norwegian Black Metal klo ndak slh ya satu aliran sm Gorgoroth

  9. missel says:

    sorry ni kalo sedikit nyela. Gw baru saja mempelajari tentang gothic yang di pandang dari sudut kesenian. Emang sih…pada jaman gothic itu sendiri kurang bebas, karena pada jaman itu masih merupakan bagian dari jaman abad kegelapan bagian akhir (sebelum munculnya renaisan). Nah pada waktu itu dataran eropa menjadi dataran yang religius. Semua yang mengatur adalah gereja. Kalo nggak salah ni gothic itu adalah jaman setelah romanesque. Sebenarnya secara tidak langsung kita telah banyak melihat unsur-unsur gothic disekitar kita. Contohnya katedral yang ada di jakarta (deketnya masjid istiqlal) istana yang ada di TMII, trus istana yang selalu ada di disney land. Trus secara kostum, lihat saja pakaian-pakaian karakter yang ada di snow white. Selain itu gothic memiliki ciri khas dari kostumnya. Celana ketat pada pria, pakaian dengan dua warna yang berbeda (di sebut miparti). Cukup sekian….
    Maaf bila ada salah

  10. the orde of the dragon says:

    wa…saya tidak suka gothic kyak itu…..mruba citra gothic…coba d dengar lagunya cradle of filth-bathory aria….lilith immaculate….tu baru gothic….

  11. menurut gua gothic itu meng gambar kan kelemaha.
    dan gothic hanya di cocokan bagi kaum hawa yg memiliki rasa cinta yang berlebihan.
    dari sekian banyak aliran music.
    Gothic, Black, death, thrash, sludge, power, doom, ground,hard core,brutal,dll
    hanya gothic yg memuncul kan suara yg menusuk akan hati seseorang yg mendengar nya.

  12. don't death,, says:

    why,,! 97% gothic di duduki oleh kaum hawa.

  13. Rani says:

    Mksh info_x krn saya Gothic girl bnyk yg anggap saya “miring”…I love Cradle of Filth…Salut utk anda!!! <3<3<3

  14. Bagi orng yg Menyamakan gothic dngan satanic mending tanya tokang Bakpao Aj Mungkin Az Dia Tau He He He HeEeEe… e’em my life and my style is gothic ^_^

    \M/… MeTaL …\M/

  15. missel says:

    Kayanya ni orang-orang indonesia harus baca buku kebudayaan deh jangan melulu baca buku primbon. Pesan saya cuma sekedar mengingatkan untuk anak – anak di negara ini, kalo ngikutin suatu aliran atau trend atau apalah itu namanya,yang jelas tujuan dan maksud lu apaan.Trus jgn lupa cari tau sejarah alirannya, jgn cuma dengerin kata orang, jgn cuma buka wikipedia. Buka tuh buku sejarah! Agar nantinya kalian yg ikut aliran tersebut ngerti dan nggak cuma gaya – gayaan doang

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s