Tips dan trik Hunting Photo rame rame

Posted: February 25, 2013 in Tips Fotografi

Para rekan rekan Fotografer sekalian pasti pernah yang namanya ikutan acara Hunting Photo bareng, mungkin skala jumlah peserta nya saja yang berbeda beda. Hunting Photo bareng ini biasanya diadakan oleh suatu kepanitiaan dalam rangka bagian dari acara lain yang lebih besar, seperti ulang tahun sebuah perkumpulan atau organisasi, kegiatan sosial seperti Hunting Photo untuk amal dan kegiatan peringatan hari besar atau hal lainnya. Bisa juga Hunting Photo rame rame ini dilakukan dalam sebuah pelatihan fotografi dimana setelah penyajian materi yang berbentuk teori kemudian ada sesi Hunting Photo untuk mempraktekkan teori yang telah dipelajari.

Bali Photographer for Humanity

Foto diatas saya ambil saat mengikuti acara sosial yang diakan oleh Fotografer di Bali yang bertujuan untuk mengumpulkan dana buat salah seorang seniman pemain Drama Tradisional Gong Bali yang bernama Pak Dollar yang saat itu tengah menderita sakit.

Dari berbagai kegiatan Hunting Photo ini banyak manfaat yang bisa diambil dibalik esensi atau tujuan pelaksanaan kegiatan tersebut, diantaranya menjalin silaturahmi antara sesama Fotografer, bertemu dan berbagi cerita dengan Fotografer senior yang tentunya akan menambah ilmu bagi yang mengikuti pembicaraan dengan sesepuh Fotografio yang hadir tersebut.

Berikut beberapa Tips dan Trik dari saya untuk rekan rekan Fotografer yang ingin mengikuti sebuah kegiatan Hunting Photo, terutama yang ada menggunakan model :

1. Respect the other.

Ini adalah Tips pertama dan yang paling utama jika mengikuti kegiatan Hunting Photo, biasanya kondisi ideal perbandingan jumlah Fotografer dan Model dalam kegiatan Hunting Photo adalah 1 : 5, artinya satu orang model akan dipotret oleh 5 orang fotografer. Namun kondisi ideal ini seringkali tidak terjadi pada saat Hunting Photo untuk kegiatan amal atau sejenis nya yang diikuti oleh banyak peserta. Oleh karena itu kita harus “Respect The Other”, dalam artian Respect pada Fotografer lain, Respect pada si Model dan Respect pada Panitia acara.

Jadi jangan marah kalo lagi asik asiknya membidik model tiba tiba muncul fotografer lain yang melintas dibalakang si model atau malah ada tampilan “kepala” fotografer lain didepan lensa… hehehe.. musti sabar dan kalau memang mau ngomong, tegurlah dengan bahasa yang sopan. Karena setiap orang saat itu tentunya ingin mengambil sudut yang terbagus ditengah ramenya Fotografer lain.

2. Bawa perlengkapan secukupnya

Nah ini dia yang sering kejadian, si Fotografer nya bawa perlengkapan sangat banyak mulai dari berbagai jenis lensa, sampai bawa beberapa Body kamera, belum lagi equipment lain seperti tripod, lightstand, flash sampai Softbox… Hunting Photo tidak sama kondisinya dengan pemotretan yang dilakukan dengan satu model dan satu Fotografer, jika anda meletakkan lightstand di kiri kanan model mungkin anda akan mengganggu sudut pandang dan framing dari peserta lain dan membawa perlengkapan yang berlebihan tentunya akan merepotkan sekali, karena ruang gerak yang bisanya sangat sempit dan kerepotan serta resiko lain saat pengawasan terhadap gear menjadi berkurang.

3. Bawa lensa dengan bukaan diafragma terbesar.

Kalau kondisi Hunting Photo dengan jumlah peserta yang cukup banyak, tentunya kita tidak bisa sesuka nya mengatur lighting dan pose model. Oleh karena itu dibutuhkan kecepatan dan ketepatan saat mengambil foto sang model. Untuk pencahayaan bisa diakali dengan mengetahui posisi cahaya yang ada saat itu (available light) seperti cahaya matahari, atau lampu kalau ada dan memaksimalkannya. Dengan bukaan diagfragma yang cukup besar seperti F1,4 atau F1,8 tentunya akan lebih mendapatkan speed yang tinggi dan bokeh yang bagus.

Sebenarnya bokeh dalam hal ini bukan suatu patokan nilai bagus tidak nya sebuah foto, namun dalam kondisi Hunting Photo yang pesertanya cukup banyak, bokeh akan sangat berguna memisahkan POI yaitu sang model dengan latar belakang dengan membuat latar menjadi lebih blur…  karena dengan background yang cukup blur akan meminimalisir adanya gangguan pada latar belakang seperti ada nya peserta lain yang tak sengaja masuk frame dan lainnya.

4. Gunakan Lensa Zoom

Hal ini saya perhatikan banyak terjadi pada beberapa rekan Fotografer, karena ingin mendapatkan bokeh yang bagus dan ketajaman yang baik, sering dibawa Lensa Fix untuk Hunting. Namun saat hunting rata rata mengeluh karena gak bisa melakukan komposisi yang bagus dan kalau maju terlalu dekat ke model merasa gak enak  karena menutupi sudut pandang rekan Fotografer yang lain… serba salah ya🙂 oleh karena itu gunakanlah lensa zoom.

Nah, ada yang lain yang ingin menambahkan ?🙂

Salam,

——————————————————————-
www.purnawanhadi.com
Twitter : Pelukis Cahaya
FB Fan Page : Pelukis Cahaya

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s