Rule Of Third – Komposisi Dasar untuk pemotretan.

Posted: February 28, 2013 in Tips Fotografi
Jika sebuah Point of Interest (POI) atau sebuah objek yang sama, dengan pencahayaan dan exposure yang sama tetapi di foto oleh dua fotografer yang berbeda hasilnya pasti gak akan persis sama🙂 Salah satu faktor penentu biasanya terletak pada komposisi. Komposi ini dihasilkan dari pengambilan sudut pandang dan posisi si Fotografer saat melakukan pemotretan. Kali ini saya akan share mengenai sebuah aturan komposisi dasar yang sering disebut aturan “Rule of Thrid”.

Aturan komposisi ini cukup sederhana, siapapun bisa mengaplikasikannya dan tidak membutuhkan kamera dengan fitur yang canggih dan mahal untuk mengikuti cara komposisi ini.

Komposisi aturan sepertiga

Rule of Thirds membagi foto menjadi sembilan bagian yang sama dengan dua garis ruang horisontal yang sama serta dua garis ruang vertikal yang sama pula, jadi sekarang kita melihat view finder memiliki 9 persegi kecil dan bukan satu persegi besar.

Empat Garis beserta titik titik pertemuan antara garis tersebut diidentifikasikan merupakan bagian atau tempat dari Point of Interest dan tentunya itu adalah dimana fotografer sebaiknya menempatkan subyek (disepanjang garis atau di titik persimpangan) untuk menciptakan foto-foto yang memiliki keseimbangan. Sebuah cara mudah untuk mengingatnya adalah: Rule of Third ini menghindari penempatan subyek di persegi bagian tengah.

Kesulitan yang terjadi saat kita membidik melalui View Finder adalah garis Rule of Third ini tidak ada tersedia dalam jendela bidik kamera, kalaupun ada merupakan sebuah fitur tambahan. Untuk jelasnya berikut sebuah gambaran jika dilihat dari View Finder DSLR Nikon D90. Garis hitam merupakan Nikon Gridline (bisa dimunculkan dengan mengubah settingan pada View Finder) dan garis Biru adalah garis imaginer Rule of Third.

Rule Of Third
Sumber image dari Wesley Tang

Kita bisa menjadikan patokan titik titik fokus yang diberi tanda merah sebagai titik bantu peletakan garis imaginer Rule of Third.

Berikut beberapa contoh foto saya dengan penempatan berdasarkan Komposisi Rule of Third :

Rule Of Third
Rule Of Third
Rule Of Third
Rule Of Third
 Sumber foto :

 

Beberapa fotografer hebat mungkin mendapatkan komposisi bagus secara alami, tetapi pada umumnya mereka tidak mendapatkannya dalam waktu singkat serta membutuhkan banyak sekali latihan dan akhirnya menjadi sebuah kebiasaan. Ada sebuah cara untuk mendisiplinkan diri dalam hal komposisi, ajukan pada diri sendiri dua pertanyaan ini sebelum menekan tombol Shutter:
  1. Apa yang akan menjadi pusat perhatian dari foto Saya?
  2. Dibagian persegi yang manakah akan saya tempatkan POI tersebut? (Tentunya bukan di bagian tengah)
Jawab terlebih dahulu 2 pertanyaan diatas, dan kemudian lakukan framing, dalam waktu dekat semoga kita semua akan menyadari telah menemukan satu bentuk peningkatan dalam dunia fotografi. 


Salam,

——————————————————————-
www.purnawanhadi.com
Twitter : Pelukis Cahaya
FB Fan Page : Pelukis Cahaya

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s