1+1 tidak sama dengan 2

Posted: February 7, 2013 in the immortal of conscience

Hi-004

Sumber foto : www.myimageservices.net

Welcome Back !

Hal ini  yang aku katakan pada diriku sendiri saat teringat dengan akun wordpress ku yang lumayan lama terbengkalai hehehe.. berawal dari sebuah email yang berisi komentar cukup pedas terhadap salah satu tulisanku yang re-post disini. Yah, semua orang terkadang berbeda dalam pola pikir dan cara pandang dan share informasi yang ada juga diperlukan dilihat dengan sebuah pandangan yang cerdas, bukan saling menyatakan pembenaran.

Bagaimana jika saat ini aku re-post sebuah tulisan yang menyatakan semuah penemuan baru bahwa ternayata 1+1 itu bukan 2 ? sebuah aksioma yang dari kita sangat kecil telah diajarkan bahwa dalam ilmu pasti dan mutlak benar nya 1 + 1 = 2. Padahal… aku pernah baca sebuah buku tuntunan panduan ujian masuk perguruan tinggi negeri jaman bahuela, bahwa 1+1 = 2 itu kurang tepat.

Kurang tepat ? apa artinya itu salah ? apakah anda bisa membuktikan bahwa 1+1 tidak sama dengan 2 ? apakah anda berarti lebih pintar dari guru guru yang ada yang dari SD ngajarin 1+1 = 2 ? coba anda buktikan sendiri dan yakinkan kalo pendapat itu benar ?  hahaha.. saya yakin ribuan pertanyaan sejenis akan berhamburan.

Yang saya pernah tahu sebenarnya sih penulisan 1+1 ≈ 2, artinya apa 1 + 1 itu tidak persis sama hasilnya dengan 2 tapi mendekati nol koma sekian sekian. Nah sekarang ketika dilihat dengan pandangan berbeda tentu akan ada yang berpendapat, jadi artinya 1+1 tidak sama dengan 2 dong ? hehehe… jawab ku, gak juga dong🙂 kenapa ?

Begini, jika ucapan 1+1 tidak sama dengan 2, dalam bahasa matematika tertulis : 1+1≠2.

Kalau yang aku bilang 1+1 mendekati 2, dalam bahasa matematika tertulis : 1+1 ≈ 2

Nah, beda kan ? hehehe… di dunia ini gak ada yang sempurna, karena itu 1+1 ≈ 2🙂 namun untuk mempermudah perhitungan dijjadikanlah 1+1 = 2, cuma mungkin waktu SD hal ini diajarkan untuk mempermudah perhitungan namun setelah tamat SMA lupa diingatkan bahwa sebenarnya 1+1 ≈ 2.🙂

Nah sebelum aku nulisnya jadi ngelantur kemana mana, aku ingat lirik lagu Superman Is Dead yang berbunyi “Mari bangun dunia didalam perbedaan, jika satu tetap kuat kita bersinar!”🙂 nah, perbedaan pasti kan selalu ada, namun jika kita memandang sesuatu yang berbeda menurut pandangan kita harus disamakan… pasti kacau jadinya🙂

Perbedaan itu gak sama dengan pembenaran, jika saya share lagi tulisan yang bilang kemaren saya makan cabe, tapi kok manis… trus saya ambil kesimpulan bahwa semua persepsi yang bilang cabe itu pedas adalah salah, karena saya telah buktikan cabe itu manis… nah, gimana pendapat anda sekalian ? hehehe… saya tahu kalo saya bukan orang yang berilmu dalam hal percabean, namun jika menurut anda metoda saya dan kesimpulan saya salah tolong beritahu saya hal yang benar, mungkin dengan hasil percobaan anda sendiri atau merujuk pada sumber penelitian yang teruji…🙂 intinya kalau saya SALAH, tolong jangan MENYALAHKAN saya, tapi tolong lah BENARKAN saya sehingga KESALAHAN saya bisa jadi pelajaran buat orang lain agar tidak membuat kesalahan yang sama.

Salam🙂

Leave a Reply

