Entry Level DSLR, Nikon vs Canon

Posted: December 15, 2012 in Kamera
Bagi pemula yang baru akan menggunakan atau membeli kamera DSLR tentunya ada pertanyaan besar, mau beli yang Merk / Brand apa ? Jenis / Type apa ? dan Harga yang  berapaan ya ? Pertanyaan sejenis ini selalu muncul walaupun sudah dapat masukan dari kanan kiri, teman, saudara atau teman nya teman… dan rekomendasi Merk / Brand biasanya berdasarkan apa yang dipakai oleh si pemberi rekomendasi. Iya dong, karena itu yang mereka gunakan.🙂

Selain itu juga ada yang menyarankan membeli Kamera DSRL berdasarkan Merk / Brand apa yang kebanyakan digunakan oleh teman atau komunitas kita, saya gak menyalahkan hal ini karena biasanya sebagai pemula cenderung ingin cepat bisa secara instant dan males buka buku manual kamera, dan akhirnya jalan pintasnya adalah bertanya. Tentunya yang paling mudah untuk bertanya ke pemakai Merk / Brand yang sama bukan ?🙂 Walau gak selalu semua mau menjawab pertanyaan tersebut tentunya, dan belajar dengan hanya mengandalkan bertanya saja tanpa mau mempelajari bukanlah cara yang baik di Photography.
Juga salah satu alasan yang menurut saya agak konyol untuk membeli Merk / Brand yang sejenis dengan kebanyakan yang dimiliki oleh teman lain adalah agar bisa saling pinjam meminjam atau tukar meukar lensa maupun peralatan lain. Padahal belum tentu yang memberi saran itu mau minjamin peralatan kamera milik nya..😀
Ok, sekarang kita coba melihat perbandingan Head to Head dari 2 Merk / Brand yang saat ini paling banyak digunakan yaitu Canon dan Nikon, bukan berarti mengecilkan Merk / Brand lain, tapi ini hanya mencoba membuat suatu analisa sebelum melakukan perbandingan. Untuk lengkapnya bisa mencoba perbandingan kamera ini pada situs  snapsort.com.
Untuk sekedar informasi, kamera DSLR dibagi menjadi 3 kategori yaitu Entry Level (pemula), Semi Pro- User dan Profesional User. Nah, saat ini kita coba bandingkan kelas Entry Level yang paling banyak peminat nya. Kelas kamera DSLR Entry Level ini paling mudah ditandai dengan posisi pengaturan Mode di sebelah kanan dan tanpa ada layar informasi tambahan di bagian atas body. Yang jadi perbandingan dalam pembahasan kali ini dipihak Canon adalah 1100D dan di Nikon adalah D3100. Mungkin ada yang akan bertanya, kenapa bukan Nikon D3200 ? hal ini karena saya ingin melakukan perbandingan Head to Head, karena Nikon D3200 merupakan keluaran terbaru dengan penyempurnaan yang juga baru pada saat ini dan tentunya hasilnya nanti tidak akan berimbang.
Berikut hasil perbandingan dengan fasilitas Compare pada snapsort.com :

Dari perbandingan Head to Head diatas kita bisa menyesuaikan dengan kebutuhan yang kita inginkan dari sebuah DSLR Entry Level. Beberapa point diatas bukanlah sebuah penilaian mutlak, namun suatu hal yang dijadikan indikator dalam menilai sebuah kamera, dan kesimpulannya adalah :

Dan jika dilihat dari penilaian tersebut perbedaan point nya tidak begitu jauh, bagi pemilih Merk / Brand Canon mungkin cocok untuk pemula yang menjadikan fotografi sebagai hobby, karena keunggulannya pada pemakaian baterai, lebih ringan dan yang paling utama biasanya karena sudah memiliki Built-in auto fokus di body kamera, hal ini tidak dimiliki oleh Merk / Brand Nikon pada kamera DSLR Entry Levelnya.

Untuk pemilih Merk / Brand Nikon sepertinya disukai oleh pemula dalam fotografi yang tidak hanya sekedar ingin bisa jepret jepret menggunakan DSLR, namun ingin lebih mendalami fotografi. Hal ini terlihat dari keunggulan pada jumlah titik auto fokus nya yang berjumlah 11 titik dan setiap titik tersebut bisa digunakan untuk menilai metering cahaya. Kelemahannya yang bayak dilihat adalah tidak memiliki Built-in auto fokus pada body kamera,sehingga harus mengguakan lensa yang memiliki auto fokus, namun dibalik itu kecepatan auto fokus pada lensa kit nya serta ketajamannya sangat bagus dari kompetitornya.

Nah dengan analisa tersebut mungkin cukup membantu bagi yang ingin memiliki DSLR untuk pertama kali dan bisa melihat kebutuhan serta untuk apa kedepannya kamera yang akan dibeli. Namun yang paling penting adalah, apapun Merk / Brand kameranya semua kembali kepada kita sebagai pemakai, karena bagaimanapun juga kamera adalah sebuah alat yang mendukung visi, bukan sebaliknya.

Salam,


——————————————————————-
www.purnawanhadi.com
Twitter : Pelukis Cahaya
FB Fan Page : Pelukis Cahaya

 

Buy my work

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s