Tonal Foto – Black / White (Bagian.1)

Posted: December 10, 2012 in Photoshop

Tutorial ini merupakan dari bagian tutorial yang mencakup hampir semua efek dan tone yang populer warna juga monotone yang digunakan dalam fotografi. Meskipun ada banyak cara untuk mencapai hasil yang sama, saya mencoba untuk menjelaskan dengan cara seperti ini berikut contoh foto yang diambil dari seorang Fotografer yang bernama Sid Vasandani.

 

Mari kita mulai, buka image pada Photoshop dan buat layer duplikat, melakukan duplikat layer ini sebaiknya selalu dilakukan agar tidak merubah imagery aslinya.

 

 

Pertama tama mari kita mulai dengan warna Hitam Putih. Setiap kali Anda mulai menerapkan filter atau tonal pada foto, sebaiknya foto tersebut sudah memiliki koreksi warna serta memiliki kontras serta ketajaman warna yang tepat, toning harus menjadi langkah terakhir.  

Cara terbaik untuk melakukan konversi hitam putih pada foto dengan pengaturan warna yang sudah sempurna adalah dengan menggunakan gradien map. Ya, Anda dapat melakukannya dengan channels dan alat pengatur hitam putih yang baik. Tetapi yang harus diingat bahwa cara ini hanya membantu untuk memperbaiki foto hitam putih saja. Dengan  Gradient Map, di set warna hitam sebagai foreground dan putih sebagai latar belakang, akan membawa  warna abu-abu yang sempurna (Grey colour) dari foto

 

Pada kotak yang terbuka, pastikan Anda memilih gradien hitam dan putih. Jika Anda ingin, Anda bisa melakukan fine tune dengan slider yang dilingkari seperti gambar berikut.

 

Berikut hasil nya :

 

Salam.

——————————————————————-
www.purnawanhadi.com
Twitter : Pelukis Cahaya
FB Fan Page : Pelukis Cahaya

 

 Sumber photo dan keterangan dari Sid Vasandani.

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s