Google+

Posted: July 22, 2011 in Uncategorized

Google+ merupakan upaya terbaru raksasa mesin pencari Google untuk menciptakan jaringan sosial yang dapat bersaing dengan Facebook. Perusahaan itu meluncurkan Google+ pada 28 Juni 2011 dalam private beta. Proyek itu dipimpin oleh Vic Gundotra, SVP sosial Google.

aringan sosial tersebut adalah kumpulan dari berbagai produk sosial. Fitur-fitur itu termasuk Stream (newsfeed atau aliran berita), Spark (mesin rekomendasi), Hangouts (layanan chatting video), Huddle (kelompok layanan teks/SMS), Circles (layanan pengaturan teman) dan Photo. Semua fitur ini nanti akan dijelaskan dalam panduan ini. Lebih banyak fitur seperti Games dan Questions diharapkan akan diluncurkan dalam waktu dekat.

Google memilih nama Google+ karena perusahaan tersebut menginginkan Google+ menjadi “perpanjangan dari Google itu sendiri,” menurut Gundotra. Jaringan itu dirancang untuk menjadi perbaikan keseluruhan Google, itulah mengapa perusahaan itu juga memutuskan untuk mengubah papan ikon navigasinya untuk menyertakan link ke profil Google+, serta sebuah ikon baru yang menampilkan berapa banyak pemberitahuan yang diterima pengguna, mirip pemberitahuan di Facebook.

Ini bukan upaya pertama Google untuk mendominasi ruang sosial. Hal ini memiliki sejarah panjang dalam media sosial, termasuk Orkut dan keberhasilan terbesarnya dalam bidang sosial, YouTube. Namun, perusahaan itu memiliki dua kegagalan sangat besar dalam jaringan sosial: Google Wave dan Google Buzz.

Memulai Google+

Saat ini, anda perlu menerima undangan dari seorang teman untuk bergabung dengan Google+. Walaupun pembatasan ini pada akhirnya akan dihapuskan, ada baiknya anda meminta teman untuk mengirimkan undangan ke akun Gmail anda. Anda harus menggunakan akun Gmail untuk dapat mendaftarkan diri ke Google+. Akun Google Apps saat ini belum didukung, walaupun mesin pencari raksasa tersebut berencana untuk menambahkan dukungan untuk akun email Google Apps dalam waktu dekat.

Setelah anda menerima undangan, anda akan dibawa ke halaman di mana anda akan diminta untuk membuat Profil Google publik. Isi informasi seperti nama dan ulang tahun anda, dan anda akan dibawa ke Google+. Jika anda telah mengisi Profil Google+ sebelumnya, anda melewatkan langkah ini dan dibawa ke Google+.

Profil

Setelah anda selesai membuat akun Google+, hal pertama yang harus anda lakukan adalah mengisi profil pengguna anda. Jika anda telah membuat Profil Google sebelumnya, data tersebut secara otomatis akan diimpor ke Google+ anda, malahan profil Google+ anda akan menggantikannya.

Ketika anda pertama kali bergabung dengan Google+, ia akan meminta anda untuk memasukkan beberapa detil kunci, seperti tagline (deskripsi singkat tentang diri anda), pekerjaan dan pendidikan anda. Ia juga akan meminta anda untuk memilih foto profil. Setelah anda menetapkan detil tersebut, anda memiliki kesempatan untuk mengisi profil anda dengan segudang rincian profil lain. Hal ini termasuk “Introduction” (Pengantar), “Bragging rights”, “Occupation” (Pekerjaan), “Places lived” (Tempat tinggal), “Relationship” (Hubungan), “Looking for” (Mencari), “Other names” (Nama lain), “Nickname” (Nama panggilan) dan “Search visibility” (Visibilitas pencarian). Pada sisi kanan, anda memiliki kesempatan untuk menambahkan link yang berhubungan dengan diri anda sendiri. Sebagian pengguna menambahkan situs bripadi atau blog, serta akun mereka di Twitter, Facebook.

Sewaktu anda berada di halaman profil, anda juga memiliki kesempatan untuk mengubah beberapa pengaturan privasi anda. Anda dapat mengizinkan orang untuk mengirim email kepada anda dari link pada profil anda, dan anda dapat mengatur ini untuk publik, pribadi, atau di antaranya dengan fitur Circles Google+ (dijelaskan di bawah).

Profil anda juga menampilkan siapa yang berada dalam circles (lingkaran) anda, dan siapa yang telah menambahkan anda ke dalam circles mereka. Anda dapat mengubah pengaturan privasi di sisi kiri profil anda untuk membuat data ini tersedia untuk publik atau hanya bersifat pribadi.

Circles (Lingkaran)

Memahami Circles sangatlah penting untuk menguasai Google+. Mesin pencari raksasa itu telah memilih untuk tidak membiarkan anda hanya “berteman” dengan teman anda, seperti yang anda lakukan di Facebook, atau “mengikuti” orang lain seperti yang anda lakukan di Twitter. Sebaliknya, Google+ memberikan anda kontrol lebih terhadap pihak yang melihat konten anda.

Circles memungkinkan pengguna untuk mengelompokkan teman ke dalam kategori berbeda. Hal ini memungkinkan anda untuk menempatkan ibumu dalam lingkaran “Family” (Keluarga) anda, bos anda dalam lingkaran “Bisnis” anda dan teman baik dari sekolah atau tempat kuliah anda ke dalam kelompok “Friends” anda. Anda dapat membuat circles (lingkaran) sebanyak yang anda mau, meskipun membuatnya terlalu banyak bisa merumitkan dan mengurangi kegunaan Circles.

Untuk menambahkan teman ke dalam lingkaran, yang harus anda lakukan ialah drag-and-drop, klik tombol mouse, tarik dan lepas teman anda ke dalam lingkaran yang sesuai. Anda dapat menambahkan teman ke dalam lingkaran sebanyak yang anda inginkan. Anda juga dapat memilih beberapa teman dan melepaskannya ke dalam lingkaran. Pada awalnya akan disarankan teman berdasarkan kontak Google anda, tapi juga memungkinkan anda menemukan teman dengan mengimpor buku alamat anda dari Yahoo!, Hotmail atau desktop anda. Menghapus teman dari lingkaran juga cukup sederhana, anda hanya perlu menekan tombol mouse, tahan dan lepaskan mereka di luar lingkaran.

Dengan mengklik pada lingkaran memberikan anda kontrol yang lebih gampang untuk menambah dan mengeluarkan orang. Anda juga dapat mengubah nama lingkaran, menulis deskripsi singkat tentangnya, melihat stream lingkaran, membuka lingkaran dalam tab dan menghapus lingkaran anda.

Jadi mengapa anda harus membuat lingkaran pertama-tama? Jawabannya sederhana: anda ingin berbagi hal-hal yang berbeda dengan teman yang berbeda. Anda mungkin ingin berbagi foto yang agak berani dengan teman dekat anda, tapi membagi link tentang lowongan pekerjaan terbaru perusahaan anda hanya dengan jaringan bisnis anda. Fitur Circles Google+ memberikan anda kemampuan untuk memiliki kontrol tersebut baik terhadap apa yang anda bagikan maupun terhadap konten apa yang muncul dalam stream anda.

Konten Stream dan Sharing

Pengguna Facebook akan langsung memahami Stream Google+, ini hanyalah aliran newsfeed konten terkini yang dibagikan oleh lingkaran anda. Konten ini bisa apa saja mulai dari update status hingga foto.

Ada beberapa perbedaan antara Stream Google+ dan News Feed Facebook. Posting dari teman anda akan muncul kembali ke bagian atas berdasarkan postingan mana yang memiliki komentar terbanyak terkini, meskipun akhirnya posting yang lebih lama akan terkubur dalam stream. Alih-alih “menyukai” suatu posting, anda dapat mengklik “+1” pada suatu posting, ini merupakan bagian dari usaha Google untuk tombol +1. Anda juga dapat membagikan posting dengan lingkaran atau mendiamkan suatu posting jika itu menyumbat stream (aliran informasi) anda.

Memperbarui status anda sangatlah mudah, yang perlu anda lakukan hanyalah mengetikkan beberapa konten dalam kotak “Share” di bagian atas stream anda dan meilih siapa yang akan dibagikan. Anda dapat membaginya ke publik (ke semua pengikut anda) atau hanya berbagi dengan lingkaran tertentu. Selain teks, anda dapat berbagi foto, video, link dan lokasi anda. Seperti Facebook, Google+ secara otomatis mendeteksi isi dari link yang anda bagikan dan memungkinkan anda untuk memiih thumbnail dari link itu.

Navigasi kiri mencakup pilihan Stream di mana anda dapat menyaring Stream Google+ anda. Jika anda hanya ingin melihat posting dari jaringan bisnis anda, anda hanya perlu mengklik lingkaran itu di bawah stream. Di bawah pilihan Stream terletak sebuah link ke fitur Spark Google+, yang akan dijelaskan nanti dalam panduan ini. Ada juga pilihan untuk mengaktifkan Google Chat untuk akun Google+ anda.

Navigasi kanan berisi link untuk mengatur lingkaran dan bagian Saran (Suggestions), di mana Google menyarankan orang untuk ditambahkan ke lingkaran anda, berdasarkan orang yang terdapat dalam Kontak Google anda dan orang yang diikuti teman anda. Google juga memungkinkan anda untuk memulai percakapan video Google+ Hangout dari menu kanan (ini akan dijelaskan dalam bagian lain). Anda juga dapat mengundang teman anda untuk bergabung dengan anda di Google+ dari navigasi kanan.

Spark

Bingung tentang apa yang pertama harus dibagi di Google+? Ingin mencari hal-hal lebih jauh tentang hewan atau band favorit anda? Google mencakup semuanya itu dengan fitur Spark, mesin rekomendasi konten yang menemukan artikel yang paling relevan dan menarik dari hampir semua subyek yang bisa anda bayangkan. Spark untuk Android misalnya, berisi link dan thumbnail artikel tentang berita Android terbaru.

Google tidak mempublikasikan bagaimana menentukan konten yang paling relevan, tapi kemungkinan besarnya menggunakan sinyal dari pencarian, Google News, Google+ dan lain-lain untuk menentukan konten mana yang paling relevan dengan algoritma.

Google menyediakan daftar topik yang disarankan, tapi anda bisa mengetik di hampir semua topik yang anda sukai. Beberapa spark memiliki konten lebih ketimbang yang lain. Anda juga dapat “menempel” spark favorit anda ke naigasi kiri untuk memudahkan akses. Fitur Spark juga memungkinkan anda langsung berbagi konten dengan lingkaran anda.

Hangout

Fitur Hangout Google+ mungkin merupakan fitur andalan jaringan sosial. Ini merupakan sentuhan baru pada video chat yang lama, dan hal itu pasti mendapat reaksi positif dari komunitas Google+.

Berikut cara kerjanya: Anda klik tombol “Start a hangout” pada menu kanan Stream. Ketika anda melakukan klik tersebut jendela chat akan terbuka di mana anda dapat memeriksa mikrofon anda dan memilih siapa yang dapat bergabung dalam nongkrong bareng itu (anda bisa mengundang orang atau membaginya dengan lingkaran anda). Setelah fitur hangout (nongkrong) aktif, teman anda akan melihat pemberitahuan hangout pada stream mereka. Mereka kemudian bisa bergabung nongkrong sampai maksimum sepuluh orang.

Jika anda belum pernah menggunakan Google Talk sebelumnya, anda harus menginstal perangkat lunak kecil agar fitur Hangout dapat bekerja dengan baik.

Vic Gundotra membandingkan Hangout dengan teman-teman yang duduk di teras vs mengetuk pintu tetangga. Hanya sedikit orang yang bersedia untuk mengetuk pintu tetangga hanya untuk memulai percakapan, tapi jika anda melihat teman duduk di teras dan anda sedang berjalan lewat, rasanya hampir tidak sopan untuk tidak mampir dan menyapa. Gundotra berpikir chatting video yang hanya melibatkan dua orang lebih banyak kemiripannya dengan mengetuk pintu tetangga, sedangkan fitur Hangout Google+ seperti teman-teman yang duduk di teras.

Setelah anda berada di tempat nongkrong, anda akan melihat beberapa hal. Pertama, anda akan melihat bahwa video beralih dari orang ke orang. Hal ini berdasarkan siapa yang berbicara melalui mikrofon. Anda dapat mengarahkan kursor ke vedeo feed seseorang dan melaporkannya karena penyalahgunaan atau “mendiamkan” mereka. Mendiamkan seseorang akan mendiamkannya untuk semua yang ada di tempat nongkrong, setidaknya sampai dia mengaktifkan kembali mikrofonnya. Pengguna juga dapat menonaktifkan video mereka jika mereka mau.

Fitur Hangout Google+ juga dilengkapi dengan fitur chatting teks kelompok (mirip dengan Google Talk). Fitur lain yang keren dari Hangout ialah bahwa pengguna dapat menonton bersama sebuah video YouTube. Pengaturan memungkinkan anda menyesuaikan mikrofon, kamera, dan pengaturan video lainnya.

Foto

Google+ juga dilengkapi dengan produk album foto, yang didukung oleh teknologi yang menjalankan Picasa yang juga dimiliki Google.

Mengklik pada tab fitur Foto di bagian atas halaman Google+ akan menampilkan foto terbaru yang diunggah oleh teman-teman anda, serta berapa banyak komentar yang dibuat untuk masing-masing foto. Ketika menglik foto manapun akan menampilkan slideshow foto dengan komentar paling baru pada sisi kanan dan foto dari teman anda yang lain di bagian bawah.

Slideshow tersebut sederhana untuk menavigasi, klik pada gambar untuk menampilkannya, atau klik dan seret mouse anda dari sisi ke sisi untuk menggulir ke gambar lainnya. Dalam slideshow ini, anda juga dapat menandai diri sendir atau teman dalam foto, atau memeriksa detil foto seperti jenis kamera apa yang digunakan untuk mengambil foto.

Bagian lain dari fitur Foto memungkinkan anda memeriksa foto di mana anda sudah ditandai. Ini juga merupakan daerah di mana anda dapat menyetujui atau menolak tag foto. Tidak ada foto yang akan ditandai dengan nama anda sampai anda menyetujuinya.

Bagian yang paling penting dari fitur Foto ialah kemampuan untuk meng-upload dan membuat album. Dengan mengklik tombol raksasa “Upload New Photos” di kanan atas, anda dapat membuat album foto hanya dengan menarik dan melepaskan foto ke peramban (browser) anda. Setelah dibuat, anda dapat berbagi album itu dengan lingkaran (circle) anda, dengan teman pribadi atau dengan publik. Album tetap bersifat pribadi hingga anda membaginya.

Setelah selesai diupload, anda bisa mengedit foto anda langsung dari Google+. Editor berbasis browser yang sederhana mencakup fitur-fitur seperti kontras otomatis dan efek hitam putih. Anda juga dapat memutar gambar itu atau menghapusnya.

Satu hal lagi. Setiap foto yang anda upload melalui Strea akan ditambahkan ke album yang disebut “Photos from posts”, tersedia di bagian “Your albums” pada aplikasi Foto.

Privasi

Terakhir kali Google memperlakukan privasi sebagai fitur sekunder, perusahaan itu terkena gugatan. Kali ini, Google tidak main-main dengan Google+ dan privasi.

Pada halaman pengaturan Google+ (tersedia jika anda mengklik pada ikon gear pada bar berwarna hitam), anda dapat mengubah semua pengaturan privasi anda. Dari tab “Account overview”, anda dapat mengubah password anda, mengaktifkan beberapa akun sign-in (fitur canggih bagi pengguna yang memiliki banyak akun Google) dan menghapus profil anda atau akun Google anda.

Tab “Profil dan privasi” merupakan tempat di mana anda dapat menggali ke dalam pengaturan privasi anda. Dari sini, anda dapat mengedit visibilitas tiap bagian profil anda, mengatur lingkaran anda, mengubah visibilitas jaringan anda, menyesuaikan pengaturan foto anda, atau mengunjungi Pusat Privasi Google. Google+ juga memiliki fitur di mana anda dapat melihat profil anda seperti yang dilihat oleh ibu atau teman anda. Ini merupakan fitur berguna yang memungkinkan anda mengetahui secara pasti apakah konten yang sifatnya pribadi memang benar-benar pribadi.

Halaman pengaturan juga memiliki opsi untuk mengedit email dan pemberitahuan ponsel, serta pilihan untuk mengubah bahasa utama dan menghubungkan akun sosial lainnya ke profil Google+. Fitur terakhir ini dirancang untuk meningkatkan Google Search lebih dari profil Google+ anda.

Akhirnya, Google memang dapat diandalkan ketika berbicara mengenai pembebasan data. Menurut pimpinan pembebasan data Google Brian Fitzpatrick, perusahaan tersebut meyakini bahwa jika ingin dipercayakan dengan lebih banyak data sosial, maka perusahaan itu perlu menyediakan penggunanya pilihan untuk mengeluarkan data tersebut tanpa repot. Itulah mengapa anda dapat men-download data Google+ anda, termasuk stream posting, data profil dan foto. Fitur ekspor itu didukung oleh Google Takeout.

Ponsel

Google memiliki sistem operasi mobile (Android), salah satu yang paling populer di dunia. Oleh karena itu tidak mengherankan bahwa Google+ menampilkan aplikasi mobile-nya. Pada 16 Juli Google+ hanya memiliki sebuah aplikasi Android, tapi baru-baru ini aplikasi iOS sudah disetujui Apple App Store. App iOS hampir identik dengan aplikasi Android.

Apps mobile Google+ relatif sederhana. Aplikasi itu dilengkapi dengan lima ikon berbeda dan bar pemberitahuan. App mobile memungkinkan anda untuk mengakses aliran data, mengambil dan meng-upload foto, melihat dan memperbarui profil anda dan mengatur lingkaran anda.

Ada dua fitur menonjol pada aplikasi mobile Google+. Yang pertama adalah fitur yang disebut “Huddle”, yang pada dasarnya adalah kelompok fitur SMS. Fitur itu memungkinkan anda menempatkan sekelompok teman bersama-sama sehingga anda dapat mengirim dan menerima pesan teks/SMS kelompok.

Fitur unik kedua dari aplikasi mobile Google+ ialah sesuatu yang disebut “Instant Upload”. Fitur Upload Instan secara otomatis mengambil gambar yang anda ambil dan menyelaraskannya dengan desktop anda. Hal ini membuat anda sangat gampang untuk membagikan foto yang anda upload ketika anda pulang ke rumah. Foto-foto ini diupload ke dalam album pribadi yang bisa anda atur dan bagikan semau anda.

Seperti yang disebutkan sebelumnya, Google+ juga memiliki antarmuka mobile yang memungkinkan anda untuk mengirim update, memeriksa posting lingkaran anda, berkomentar dan memberikan +1 pada posting teman anda, dan memperbarui lokasi anda. Tidak tertutup kemungkinan ketika layanannya kian bertambah, Google akan menambahkan lebih banyak fitur lagi ke dalam aplikasi mobile Google+.

Sumber from blogger

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s