Ironi Pulau Surga

Posted: June 7, 2011 in the immortal of conscience

“Saya mendukung gerakan pelestarian dan penyelamatan lingkungan ini karena saya sadar bahwa bumi ini adalah satu satunya bumi tepat saya tinggal dan berkarya, saya banyak mengambil manfaat dari bumi ini baik dalam hidup dan berkesenian, lalu jika bumi ini rusak dan tercemar, dimanakah tempat saya bisa berkesenian ?” itu adalah sepenggal ucapan JRX, Drummer Superman Is Dead pada saat acara Talk Show dalam rangka memperingati Hari Lingkungan Hidup 5 Juni 2011 yang lalu.

Sebuah alasan yang logis untuk mendukung gerakan penyelamatan lingkungan ditegah hiruk pikuk pembangunan yang sebagian besar berasaskan keuntungan dan lebih melihat analisa ekonomi dan kurang melihat efek negatif jangka panjang pembangunan tersebut pada alam dan lingkungan.

Hal ini juga saya rasakan saat melihat pameran foto yang diadakan oleh para aktifis lingkungan di Bali, sebuah moment yang unik yang saya rasakan. Acara yang pada intinya bersifat protes pada kebijakan kebijakan pemerintah yang cenderung kurang peduli pada lingkungan berlangsung dengan tertib dan damai, malah tanpa ada satu pun petugas keamanan yang bejaga walau diawali dengan acara bersepeda keliling kota dengan jumlah yang cukup ramai.

Acara dihadiri sebagian besar oleh para Low Rider Bali, pecinta alam, seniman dan beberapa musisi yang sadar dan peduli terhadap lingkungan dan mencoba menyuarakan aspirasi lingkungan pada acara ini. Mudah mudahan kedamaian dan kecintaan akan alam yang berarti kesadaran akan diri sendiri, ikut merusak alam adalah tindakan nyata merusak kehidupan, sekarang dan yang akan datang.

Leave a Reply

