Eddie, maskot Iron Maiden

Posted: February 20, 2011 in tale from the others

Eddie, yang bernama lengkap Eddie si ‘Ed atau Edward the Head juga dikenal sebagai Edward the Great (lihat bawah), adalah maskot British Heavy Metal Band, Iron Maiden. Dia adalah perlengkapan tetap yang abadi yang bengis yang sering hadir di cover album, sebaik-baik sesuatu yang hadir di setiap konser Iron Maiden. Eddie juga menghadirkan sebagai orang pertama di dalam video game tembak menembak, Ed Hunter. Dia juga menghadirkan sebagai karakter yang tidak bisa terkunci di game Tony Hawk’s Pro Skater 4.

Aslinya Eddie adalah sebagai pemeran teatrikal bertopeng. Itu bisa dilihat didalam photo-photo band di album pertama dan di lengan baju gambar single “Running Free”. Itu adalah sebuah wajah tepat mengarah ke logo band. Yang terhubung dengan pompa yang akan mengeluarkan berbagai macam cairan, dari celupan makanan ke cat, dan mengeluarkan air liur Doug Sampson sebagai drummer saat itu. Para fans juga mencoba melemparkan sesuatu ke penampilan mereka.

Nama lengkap Eddie adalah Edward the Head (Edward T.H – sisa nama panggilan yang hilang pada segumpalan rumput di tanah pada cover album Live After Death) dan itu mendatangkan cerita lucu kuno, diantaranya:

Eddie the Head lahir tanpa tubuh, lengan dan kaki. Semua yang dia miliki hanya kepala. Tetapi meskipun lahir dengan banyak kekurangan / cacat, orangtuanya tetap sangat mencintainya. Pada waktu berusia 16 tahun orangtuanya menemukan seorang dokter yang dapat melakukan operasi untuk memberikan tubuh buat Eddie. Ketika orangtunya tiba dirumah mereka tidak bisa menunggu untuk mengatakan kepada Eddie bahwa mereka telah mendapatkan tubuh dan Eddie akan seperti orang normal. Mereka pulang ke rumah dengan sangat bergairah dan mengatakan “Kami telah mendapatkan kejutan untukmu. Ini adalah pemberian terbaik yang pernah kita dapatkan!” dan Eddie berkata “Oh tidak, jangan topi jelek lagi!”

Eddie, maskot Iron Maiden, pertama kali terlihat bersama dengan band setelah Stage Manager mereka saat itu Dave Beasley membuat desain kepala yang ditempatkan diatas kepala pemain drum saat konser dan seringkali terlibat percekcokan berdarah secara terus menerus ke mulutnya. Lelucon yang dia ceritakan tentang kepala tersebut: “Seorang wanita melahirkan hanya sebuah kepala, dokter mengatakan kepada wanita itu agar tidak perlu khawatir sejak dia datang dengan sebuah tubuh yang cocok dalam 5 tahun pertama. Kemudian 5 tahun kemudian ayah Eddie memasuki ruangan saat Eddie berulangtahun dan berkata: “Baiklah, hari ini adalah hari ulang tahunmu, dan kami mempunyai kejutan untukmu nak…!”, setelah itu Eddie membalasnya: “Oh tidak, jangan topi yang jelek lagi…!”

Iron Maiden memberikan nama “Eddie” pada topengnya. Karakter Eddie diciptakan oleh Derek Riggs. Di single “Running Free” ada bayangan hitam yang besar, berwarna zombie seperti makhluk yang patuh yang dapat dilihat. Ketika band melihat potensi artwork untuk album pertamanya, mereka mendatangi Derek Riggs dan mengajaknya menjadi pekerja artwork untuk album Iron Maiden. Band menyukainya, dan merasakan apa yang jadi bayangan hitam yang aktual.

Eddie tidak mempunyai tubuh hingga Iron Maiden bertemu Derek Riggs, yang membuat desain tubuh untuk menemani kepala. Sesudah itu band memutuskan untuk merahasiakan tubuh ini hingga album pertama ‘Iron Maiden’ dirilis. Di tahun 1980 tubuh tersebut ditampakkan, dengan inkarnasi pertamanya Eddie terlihat luar biasa berbeda dari Eddie sebelumnya. Itu juga menunjukkan setengah bagian keatas dari tubuh. Eddie menyebabkan banyak kontroversi di cover single Sanctuary dan  Women in Uniform. Maskot Iron Maiden itu menikam Margaret Thatcher hingga mati. Margaret Thatcher saat itu adalah sebagai PM Inggris. Ini disensor dan kalangan luas dan dibantah oleh Margaret Thatcher sendiri bahwa itu adalah salah. Rod Smallwood sebagai Band Manager memutuskan untuk membuat bar hitam di latar belakang cover tersebut untuk bagian sensor agar mendapatkan pemberitaan yang baik. Bar hitam tersebut hanya dihadirkan di edisi UK saja, yang dirilis di Eropa tidak.

Di gambar “Women In Uniform” menunjukkan sesuatu yang bersembunyi di belakang dinding menunggu penyerangan Eddie dengan tiba-tiba dengan senjata mesin, Eddie berjalan bergandengan tangan dengan seorang suster dan seorang anak sekolah wanita yang mana menyebabkan lebih banyak kontroversi dan diakhiri dengan jenis keseksian Iron Maiden yang feminis.

Artwork untuk album kedua, Killers, juga lukisan asli Riggs sebelum dia mengerjakan pesanan cover album “The Number of the Beast”. Derek Riggs mengklaim – di dokumen Iron Maiden 12 Wasted Years – di desain untuk kartun Eddie yang berdasarkan (apa yang menjadi dugaan) sebuah kepala Jepang yang ia lihat di acara dokumenter televisi, tergantung disamping tank Jepang yang terbakar dari peperangan Guadalcanal, (pertempuran sungai Matanikau), 24 October 1942. Di gambar “The Number tf the Beast” menunjukkan Eddie mengontrol iblis ketika iblis itu mengontrol boneka Eddie yang kecil. Banyak orang percaya hal ini dimana ada kesalahpahaman bahwa Iron Maiden adalah band setan (sesuatu bahwa band selalu menyangkal dengan tegas).

Di album Piece of Mind, Eddie adalah sesuatu yang mencari suaka mental dan menjadi lobotomized  (alasan untuk rasa kepala yang digrendel). Grendel yang mengingatkan Eddie beberapa tahun yang lalu.

Cover Powerslave menggambarkan Eddie sebagai tempat yang sangat keramat di pyramid di daerah Mesir kuno. Cover ini membuat banyak pesan termasuk seperti sebagai “Bollokz” disisi kiri lengan pyramid dan “Apa yang menjadi banyak omong kosong” disisi kanan lengan pyramid. Pintu masuk tempat keramat merupakan logo Derek Riggs.

Logo Somewhere in Time penuh dengan pesan tersembunyi dan menunjukkan Eddie yang futuristik dengan senjata laser, terlihat seperti Terminator di film. Perbandingan grafik bisa dikontraskan langsung dengan artwork Seventh Son of a Seventh Son, yang mana menunjukkan setengah bagian tubuh Eddie yang atas melebihi danau dengan mencengkeram isi perutnya menggunakan tangannya.

Gambar No Prayer for the Dying menunjukkan Eddie lebih dari sebagian dibandingkan sebelumnya sedang keluar dari makam dan di Fear of the Dark diproduksi oleh orang yang berbeda yaitu Melvyn Grant. The X Factor berbeda dari gaya normal Iron Maiden dengan menunjukkan Eddie Iron maiden dengan kaki yang hilang dan dikursi lisrik. Banyak orang menyangka bahwa ini model komputer ketika mereka melihat pertama kalinya tetapi mereka menyadari bahwa itu adalah sebuah model foto miniature yang dibuat oleh Hugh Syme.

Cover Virtual XI didasarkan dari video gim Ed Hunter yang mana jika anda memainkan sebagai Eddie akan meledakkan jalan anda dengan begitu banyak bagian-bagian sejarah Iron Maiden. Album reuni mereka Brave New World menampilkan wajah Eddie dengan senyum kebawah dari langit pada suatu waktu yang futuristik di London. Banyak yang memberi hormat pada cover Iron Maiden ini. Tak lama setelah itu, setelah dia memproduksi artwork untuk single “The Wickerman” ditolak, Derek Riggs mengumumkan bahwa artwork single “The Wickerman” yang dirilis akan menjadi karya terakhirnya untuk Iron Maiden,  melengkapi kenyataan ini bahwa “sangat sulit untuk bekerja dengan mereka”.
Di Vision of the Beast Eddie mendapatkan otaknya kembali di rangkaian final yang terbang memutari dia. Walaupun dia menerima kembali otaknya, gambar pada Give Me Ed Tour, Eddie tetap menahan grendelnya di kepalanya. (Dance oOf Death tidak menampakkan grendel dikepala Eddie).

Album Dance of death Iron Maiden di tahun 2003 menerima banyak penghargaan sukses luar biasa walaupun banyak pertanyaan aneh tentang pilihan artwork. Itu menampilkan Eddie lebih seperti malaikat maut yang seram pada bentuk geometri lantai dansa dengan karakter berkerudung pada backgroundnya. Pada tampak depan terlihat ada 11 orang CGI dan 2 binatang CGI. Banyak terlihat kesalahan di artwork ini dan itu menunjukkan beberapa kali (baca artikel Dance of Death Cover Mistakes).

Eddie adalah maskot Iron Maiden telah berevolusi lebih dari 25 tahun perjalanan karir Iron Maiden di dunia metal, sebelum Iron Maiden merajalela di seluruh dunia metal kelas atas. Ini adalah hipotesis bahwa Eddie adalah alias Benjamin Breeg, menampilkan lagu “The Reincarnation of Benjamin Breeg” dari album terakhir Iron Maiden yang dirilis tahun 2006 A MATTER OF LIFE AND DEATH (AMOLAD).

Derek Riggs adalah yang terbaik yang dikenal sebagai pencipta Eddie Iron Maiden, mungkin maskot yang paling dalam dan yang paling terbaik dicintai di heavy metal. Siapa yang bisa melupakan dengan keruwetan  yang mengherankan pada gambar Powerslave dengan tema Mesir kuno? Atau pemandangan yang mengerikan pada pintu rumah di album dobel Live After Death?

http://ironmaiden-indonesia.com/

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s