Paris of the Orient

Posted: February 2, 2011 in War of the world

Vietnam yang mengenyam kemerdekaan dalam tempo waktu yang cukup lama, sebenarnya tak luput dari konflik domestik. Karena Perang Vietnam ini sejatinya adalah perang antara Vietnam Utara melawan Vietnam Selatan, dan karena alasan ingin menghambat jalur komunis di Asia maka Amerika ikut menceburkan diri membantu pihak Selatan.

Jadi, sejak awal memang seringkali terjadi perebutan dominasi dan persaingan oleh para tokoh tokoh Vietnam, sekalipun misalnya sejak tahun 1802 berdiri Dinasty Nguyen yang sangat kokoh. Dalam kaitan dengan konflik internal tersebut seorang tokoh dari pihak Selatan menggunakan jasa tentara sewaan Perancis.

Penggunaan orang asing dalam konflik internal inilah yang ternyata membukakan pintu bagi masuknya kepentingan Perancis di kawasan Vietnam. Dari sedikit, akhirnya pada tahun 1884 Vietnam sepenuhnya berada dalam dominasi Perancis yang sedang bersaing dengan Inggris dan negara kolonial Eropa lainnya dalam menambah daerah jajahan. Karena itu Perancis yang mulai bercokol di Vietnam membagi Vietnam menjadi 3 wilayah, yaitu Cochin China di Vietnam bagian Selatan, Annam di tengah dan Tonkin di Utara. Meskipun Perancis memegang kekuasaan dengan kendali yang sangat ketat di wilayah yang dinamai dengan Indi China itu, namun Bangsa Vietnam pada umumnya tetap bersikap menentang penjajahan asing.

Terhadap wilayah Cochin China di Vietnam bagian Selatan yang subur, Perancis memusatkan kepentingannya, baik dengan eksploitasi ekonomi maupun Transformasi Kultural. Ibukotanya SAIGON pun dikenal dengan “Paris dari Timur”, Paris of the Orient. Sebagai akibatnya di Vietnam Selatan tumbuh elite orang Vietnam sendiri. Kaum borjuis Vietnam yang mengenyam pendidikan di Perancis ini kebanyakan berada di Saigon, dengan kekayaan mereka umumnya bersumber dari perniagaan dan selaku tuan rumah.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s