Tragedi Kekalahan Pasukan AS

Posted: January 29, 2011 in War of the world

Mungkin benar bahwa dalam Perang Vietnam (1959 – 1975) tentara Amerika (AS) selalu menang dalam setiap pertempuran besar melawan pasukan Vietnam Utara dan Viet Cong. Namun Tragisnya, kesudahan perang menunjukkan AS lah yang justru mengalami kekalahan, bahkan kekalahan perang terbesar sepanjang sejarahnya.

Hal ini karena selain persepsi persepsi Amerika yang keliru dan cenderung menyepelekan kekuatan Vietnam, juga karena lamanya Vietnam dalam kekuasaan orang lain, maka sejak dulu pada bangsa Vietnam terbentuk semacam tradisi kependekaran (warrior tradition) yang memiliki sikap dan daya juang yang ulet, didasari sikap nasionalisme yang kuat.

Ketidaktahuan Amerika terhadap apa yang melatari Vietnam, baik sejarah, kondisi fisik tanahnya, maupun kultur bangsa nya, terbukti berakibat fatal bagi AS dalam Perang Vietnam. Selain faktor faktor diatas, Vietman Utara juga mendapat dukungan yang penuh dari rakyat. Gerilya Viet Cong sebelum meletus perang telah berhasil melancarkan infiltrasi ke Vietnam Selatan dan mampu menggalang kekuatan dari dalam sehingga warga Vietnam Selatan yang berhasil di rekrut mau melawan pemerintahannya sendiri.

Kemampuan itu menunjukkan bahwa sistem organisasi Viet Cong sangat bagus dan kemudian terbukti hebat ketika mereka berhasil melancarkan serangan besar besaran yang terkenal dengan nama Tet Offensive.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s