The Smaller Dragon

Posted: January 28, 2011 in War of the world

Tulisan ini akan mengawali tulisan tulisan selanjutnya di blog saya ini yang membahas tentang kilas balik cerita dimasa perang Vietnam. Orang barat walau sudah lama mengetahui tentang keberadaan Asia Timur termasuk Asia Tenggara, namun kesadaran mereka baru terbuka pada abad ke -19 saat politik kolonialisme mulai menjamah wilayah ini, khusus nya oleh Perancis, wilayah ini dinamakan Indochina.

Namun orang Perancis dikenal amat protektif terhadap wilayah kolonialnya dan mereka tidak mau orang lain mengetahui apalagi mencampuri urusan wilayah jajahannya. Akibatnya, orang Barat lainnya tidak peduli dan juga tidak banyak tahu tentang kawasan Asia Tenggara yang dikuasai oleh Perancis.

Bahkan disaat Amerika menjelang berakhirnya Perang Dunia II yang mulai merasakan kepentingannya untuk mengetahui persoalan di Asia Tenggara pun tidak mengetahui apa apa tentang wilayah ini, khususnya Indochina. Sebab di peta pun nama wilayah vietnam disebunyikan dibawah sebutan “French Indochina”. Istilah Indochina ini sendiri membingungkan karena terkesan seperti tambahan dari kawasan China.

Tiadanya perhatian dari ilmuwan Barat di luar Perancis ini dalam mempelajari Indochina / Vietnam nantinya akan dibayar mahal sekali. Karena ketidakpedulian tadi menyebabkan orang Amerika cenderung berfikir bahwa Vietnam adalah negeri kecil, sehingga menyepelekannya.

Buku yang pertama kali terbit tentang Vietnam ini dalam Bahasa Inggris baru pada tahun 1958, dengan judul “ The Smaller Dragon” yang ditulis oleh Joseph Buttinger.

Persepsi AS lainnya yang keliru tentang Vietnam adalah menganggap seolah olah Vietnam itu adalah negeri baru yang gampang diotak atik. Penjajahan oleh Perancis yang tertutup dan sikap tak peduli pada Asia dan sejarahnya membuat orang Amerika tidak memahami atau menyadari bahwa Vietnam adalah salah satu negara yang sudah tua. Jejak sejarahnya yang terekam pun berasal dari tahun 111 sebelum Masehi, atau sekitar 50 tahun sebelum tentara Romawi mendarat di pesisir Inggris.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s