Pagan

Posted: January 3, 2011 in history - another story of our world

Banyak teori yang mengulas tentang Pagan ini, dan saya akan coba menulis ulang tentang hal ini berikut sedikit pemikiran saya. Tulisan berikut diambil dari berbagai sumber yang akan saya tuliskan sumbernya. Boleh untuk dijadikan sebagai bahan pemikiran atau hanya untuk sekedar menambah wawasan tentang Pagan. Teori teori konspirasi dan banyak berbagai kejadian dimuka bumi saat ini didesas desuskan melibatkan kaum Pagan, apalagi yang terkenal sekali dengan The New World Order. Melalui rangkaian tulisan ini akan kita lihat hubungannya dengan Illuminati, Freemason, Yahudi dan dengan Agama agama Ketuhanan yang ada saat ini.

Ada beberapa versi, dan yang terkenal adalah masa Paganisme di Eropa pada abad pertengahan. Namun jauh sebelum itu Pagan sebenarnya diawali dari Asia… Jadi dualisme dalam penganut Pagan itu sendiri sebenarnya ada, bangsa manakah diantara 2 benua “murni” yang terkuat didunia ini ? Dua benua Murni itu adalah Eropa dan Asia…

Paganisme adalah sebuah kepercayaan/praktek spiritual penyembahan terhadap berhala yang pengikutnya disebut Pagan. Pagan pada zaman kuno percaya bahwa terdapat lebih dari satu dewa dan dewi dan untuk menyembahnya mereka menyembah patung, contoh Mesir Kuno, Yunani Kuno, Romawi Kuno, dan lain-lain. Istilah ini telah meluas, meliputi semua Agama Abrahamik, Yahudi, Kristen, dan Islam.

Pada zaman sekarang, Pagan percaya bahwa semua di sekitar mereka suci karena merupakan bagian dari dewa dan dewi. Contohnya, mereka percaya bahwa batu dan pohon adalah bagian dari dewa dan dewi, sehingga keramat, tetapi tidak menyembah pohon itu. Kebanyakan orang pagan percaya bumi memunculkan dewi.

Mari kita lihat tentang sejarah sebuah kerajaan di Asia, Kerajaan Pagan.

Kerajaan Pagan (849-1287) dianggap sebagai kekaisaran pertama di Burma. Nama Pagan juga dieja Bagan.

Selama era kerajaan Pyu, antara tahun 500 hingga 950, Bamar, bagian dari grup etnis Burma, mulai menginfiltrasi wilayah utara hingga tengah Burma, yang sebelumnya diduduki oleh orang Pyu dibawah pengaruh Buddha Mahayana dari Bihar dan Benggala. Pada tahun 849, kota Pagan muncul sebagai ibukota sebuah kerajaan yang kuat yang akan menyatukan Burma.

Kerajaan ini tumbuh dalam isolasi hingga era kekuasaan Anawrahta (1044 – 1077) yang berhasil menyatukan seluruh Myanmar dengan menaklukan kota Thaton tahun 1057, menandai dominasi Burma di wilayah tersebut yang terus berlanjut hingga kini. Konsolidasi dilakukan oleh penerusnya Kyanzittha (1084-1112) dan Alaungsithu (1112-1167), sehingga pada pertengahan abad ke-12, Asia Tenggara daratan berada dibawah kekuasaan baik Kerajaan Pagan maupun Kekaisaran Khmer.

Kerajaan Pagan mengalami kemunduran karena semakin banyak wilayah dan sumber daya alam yang jatuh ke tangan sangha (kependetaan) yang kuat dan ancaman Mongol dari utara. Penguasa Pagan terakhir, Narathihapate (berkuasa 1254-1287) merasa percaya diri dalam kemampuannya melawan Mongol dan bergerak ke Yunnan pada 1277 untuk berperang melawan mereka. Tentaranya dihancurkan pada Pertempuran Ngasaunggyan, dan perlawanan Pagan berhasil dipadamkan. Raja dibunuh oleh anaknya sendiri tahun 1287, mempercepat serangan Mongol dalam Pertempuran Pagan. Mongol berhasil merebut hampir seluruh kekaisaran, termasuk ibukotanya, dan Pagan tidak pernah berhasil memulihkan posisi dominannya. Dinasti Pagan berakhir pada tahun 1289 ketika Mongol memasang pemimpin boneka di Myanmar.

Budaya mereka inilah yang menyebar dan mengakar di Eropa dan ketika membaur dengan budaya dan tata adat Eropa, melahirkan bentuk bentuk pemujaan baru yang mungkin dikenal dengan Pagan yang sekarang ini.

Sumber : Wikipedia, Wikipedia,

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s