Mudik

Posted: September 10, 2010 in the road

Beberapa hari ini semua berita di televisi maupun media cetak selalu membahas tentang perjalanan mudik para perantau ke kampung halamannya. Ada teman saya yang beragama Hindu bertanya, kenapa saya gak mudik ? padahal saya kan muslim ? ketika saya jawab bahwa saya gak mudik lebaran kali ini ini, mungkin bulan November besok… dan dia terus mencecar saya dengan berbagai pertanyaan tentang mudik. Nah, dari pertanyaannya itu saya menangkap bahwa bagi dia yang memang gak mengerti tentang arti puasa di bulan Ramadhan dan makna Idul Fitri menganggap bahwa mudik itu adalah salah satu kewajiban dalam Islam sebagaimana halnya melaksanakan puasa.

Pandangan teman saya itu memang gak bisa disalahkan, karena setiap tahun dia melihat bahwa mudik itu memang sudah seperti jadi kewajiban bagi umat Islam di Indonesia. Mereka para pelaku mudik bahkan seperti berjibaku untuk bisa sampai ke kampung halamannya, ada yang dengan cara cara yang normal maupun cara yang ekstrem. Cara ekstrem yang saya maksud adalah dengan berjubelan dan mampu berdiri selama lebih dari 18 jam di kereta, atau boncengan dengan sepeda motor membawa istri dan 4 orang anaknya, belum lagi barang bawaan yang ikut memenuhi sepeda motornya.

Dan dalam prosesi mudik itu juga tidak sedikit memakan korban jiwa, kecelakaan di jalan adalah penyebab  utama. Maka tidak salah kalau teman saya memang berfikir bahwa mudik itu adalah bagian dari hukum Islam dalam prosesi perayaan Idul Fitri, seakan akan jadi hal yang wajib seperti halnya harus pake baju baru dan beli sarung baru.

Terkadang penghematan yang kita lakukan dalam setahun justru seperti dihambur hamburkan untuk menghadapi moment lebaran ini, saya hanya mau menyampaikan bahwa yang penting dalam menghadapai Idul Fitri adalah hati dan jiwa yang fitrah, bukannya kegiatan yang banyak makan biaya dan beresiko yang terkadang bisa jadi pemborosan yang seharusnya bisa dialihkan dananya untuk hal yang lebih berguna, tapi kalau memang hal ini dirasa jauh lebih berguna dari yang lain, maka saya gak bisa berkata apa apa lagi… selamat mudik, dan hati hati dijalan ya….

Comments
  1. jim says:

    this is awesome man

Leave a Reply

