Sepi

Posted: September 8, 2010 in the immortal of conscience

Tulisan ini saya buat sambil mendengarkan sebuah lagu dari Enya yang berjudul Drifting, tengah malam denger lagu seperti ini mengingatkan akan sepinya sebuah kehidupan yang jauh dari keluarga, ditambah lagi tayangan televisi yang selalu melihatkan pengorbanan dan perjuangan manusia untuk pulang mudik dan merayakan hari Raya Idul Fitri bersama dengan keluarganya.

Bagi saya, sepi yang tersa saat ini bukanlah seperti sepi yang pernah dirasakan pada tahun tahun sebelumnya, karena toh saya termasuk orang yang tidak menjadikan moment lebaran adalah moment wajib untuk kumpul kumpul bersama dengan keluarga, gak tahu kenapa… karena menurut saya hal itu bukanlah bagian dari ritual keagamaan dalam Islam, dan hal ini lebih dari ritual kebudayaan saja yang kebetulan pelaku budaya ini sebagian besar adalah orang Islam.

Saya gak mau membahas lebih lanjut masalah ritual berkumpul bersama keluarga lebih dalam kali ini, karena saya ingin menulis tentang rasa sepinya. Saya Alhamdulilah masih dikaruniai teman dan sahabat sahabat yang baik, ada yang seagama dan banyak juga yang tidak, sehingga dalam masa Lebaran kali ini saya justru punya teman yang banyak dan tidak sendirian.

Nah, sepi yang saya rasakan adalah melihat begitu banyak manusia yang berjibaku untuk pulang mudik, naik sepeda motor, kereta api, kapal dan lainnya dengan mempertaruhkan semuanya, iya.. semuanya, bahkan nyawa diperjalanan. Tapi ada segelintir manusia lain yang sekarang mungkin tidak punya kemampuan atau kekuatan untuk berkumpul bersama keluarganya, namun mempunyai semangat yang besar dan menggebu gebu untuk berkumpul bersama keluarganya.

Saya pribadi pernah merasakan seperti itu, oleh karena itu saya menghimbau, jika saat ini kita lagi berkumpul bersama keluarga, mohon ajaklah teman teman yang mungkin ingin berkumpul bersama keluarga mereka namun gak bisa sehingga mereka tidak sedih, yah.. setidaknya ada opor ayam yang akan sama sama dinikmati setelah pulang shalat IED … hehehe…

Comments

Leave a Reply

