Billy The Kid

Posted: July 13, 2010 in cosa nostra...

Pernah nonton film Young Guns ? Terutama Young Guns II soundtracknya yang diusung oleh Jon Bon Jovi. Banyak cerita beredar tentang Billy The Kid, namun saya menemukan hal ini, akan saya share buat nambah informasi. Beberapa film yang mengabadikan Billy The Kid adalah Young Guns dan Young Guns II, meskipun dengan beberapa kesalahan fakta pada cerita di YG dan YG II.

Penjahat, pembunuh dan buronan kelas kakap Billy The Kid lahir 23 November 1860 (diduga lahir di New York), terlahir dengan nama Henry McCarty yang juga dikenal sebagai William Henry Bonney. Dikenal sebagai The Kid karena usianya yang hanya 21 tahun telah membunuh sebanyak 21 orang.

23 September 1875 McCarty ditangkap karena menyembunyikan sejumlah pakaian curian dari tukang cuci — laundryman. Dua hari ia ditahan dan kemudian melarikan diri. Sejak saat itu McCarty menjadi buronan. Tahun 1877 McCarty bekerja pada seorang pandai besi — blacksmith Frank ‘Windy’ Cahil. Cahil dan McCarty sempat ribut secara verbal hingga McCarty menembak Cahil dengan pistolnya. Kembali ia ditahan dan ketika Marshall setempat hendak datang McCarty berhasil meloloskan diri dari tahanan.

McCarty pun sempat mengacaukan perang Lincoln County dengan membunuh deputy dan beberapa sheriff yang membunuh temannya.

Tahun 1878 veteran perang Lincoln County Jenderal Lew Wallace menjadi gubernur negara bagian New Mexico yang kemudian melakukan pendakwaan kepada semua yang terlibat perang tersebut, sekaligus memberikan amnesti. Rumor beredar bahwa McCarty akan menyerahkan diri, tapi ternyata McCarty menyerahkan diri dengan menodongkan dua senjata, sebuah revolver dan senapan Winchester kepada Wallace, dan McCarty setuju maju ke persidangan untuk mendapatkan amnestinya. Di persidangan pengacara John Dolan tidak setuju McCarty bebas begitu saja, dan kembali McCarty melarikan diri.

McCarty akhirnya berkeliaran di Fort Summer dekat sungai Pecos dan menjalin hubungan persahabatan dengan Pat Garrett, seorang bartender. Garrett kemudian diangkat menjadi sheriff yang harus menangkap McCarty yang mulai dikenal sebagai Billy The Kid. Garrett berulangkali melakukan siasat untuk menangkap The Kid, namun seperti insting The Kid selalu membawa dirinya lolos dari penangkapan.

Awal 1881 The Kid akhirnya tertangkap, kemudian akan dimajukan ke meja hijau bulan April. Hakim Warren Bristol menjatuhkan hukuman gantung kepada The Kid bulan Mei, namun kembali The Kid lolos dari tahanan.

Para deputi dan sheriff kembali menjejak lolos The Kid melalui investigasi kepada teman-temannya. Pete Maxwell akhirnya membunuh The Kid di dalam ruangan yang gelap dengan dua tembakan pistol, satu bersarang di jantung.

(diambil dari berbagai sumber)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s