Easter Island

Posted: June 14, 2010 in history - another story of our world

Easter Island dikenal juga dengan nama Rapa Nui dan juga Pulau Paskah, dan kalo kita dengar nama pulau paskah pasti yg terpikir patung batu besar yg cuma terdiri dari kepala dan badan tanpa lengan. Nama patung tersebut moai. Moai terpahat dari abu vulkanik yang dikeraskan dan semuanya monolitik (masing-masing terbuat dari satu batu utuh). Pembuatannya diduga di daerah yg disebut rano raraku. Bagaimana cara memindahkan dari rano raraku dan menegakkan patung besar dan berat itu di tempatnya berdiri sekarang masih dalam penelitian hingga sekarang.

Terletak di Pasifik Selatan antara Chili dan Tahiti, Easter Island adalah salah satu pulau berpenghuni paling terisolasi di dunia. Pulau berbentuk segitiga dan mencakup hanya 64 mil persegi, terbentuk ketika segumpal materi panas bangkit dari dalam interior bumi, dibakar melalui kerak bumi dan meletus ke permukaan sebagai lahar.

Saat ini, kerucut vulkanik ditemukan di setiap sudut pulau. Yang terbesar, Rano Kau mudah terlihat dari luar angkasa. Yang tertinggi adalah Terevaka, yang naik ke 11.674 meter di atas permukaan laut. Terdapat lebih dari 70 pusat letusan atau titik gunung berapi di pulau, tetapi tidak ada aktivitas yang dikenal sejak pulau itu dihuni 1300 tahun yang lalu.

Sumber :

http://www.kaskus.us/

http://id.thecircumference.org/

http://www.forumsains.com/

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s