Aikido Makes A Better Me

Posted: December 4, 2009 in The Budo..


Sejak kecil saya sudah mengenal berbagai jenis cabang bela diri, dimana latihan yang diajarkan lebih menekankan kepada mengalahkan bahkan menyakiti lawan. Terkadang sifat yang keras didukung bela diri yang ditekuni menjadikan seseorang menjadi suka berkelahi, latihan bela diri seakan menjadi pembenaran atas kelakuan tersebut.

Setelah mengenal Aikido, saya mulai menyadari bahwa kekuatan itu tidak identik dengan kekerasan. Saya mulai belajar
untuk mengajak damai kepada teman yang menantang berkelahi. Walaupun sampai sekarang sering dalam menyelesaikan masalah saya masih menggunakan pola pikir lama yang bertentangan dengan harmonisasi ajaran Aikido, dan pada saat latihan pun kadang saya sering kesal karena kesulitan memahami esensi atau teknik yang diajarkan. Walaupun demikian saya akan terus berlatih karena saya percaya Aikido yang saya tekuni sekarang akan selalu membimbing saya dan Sensei akan selalu menuntun serta memberi contoh yang baik untuk saya.

Aikido makes a better me.

Inspirate by William Wardoyo Sempai – Aiki Kenkyukai

Leave a Reply

