KAPITALISME

Posted: October 21, 2009 in cosa nostra...

Godfather_Movie_Poster_396x600 Sebagaimana dikatakan oleh Al Capone tahun 1029, “Sistem negara kita, entah itu Amerikanisme, entah itu Kapitalisme, atau apapun juga sebutan yang engkau berikan, memberikan pada setiap orang kesempatan yang besar yang hanya jika kita meraihnya dengan kedua tangan dan memanfaatkannya dengan sebaik baiknya.”

Jika penegasan dari Al Capone tidak kamu sukai, berikut adalah pandangan dari seorang juru bicara yang sama sama terkemuka dari dunia sah, yaitu Abraham Lincoln, pada tahun 1837, “Para Kapitalis ini pada umumnya bertindak secara harmonis dan padu, untuk membelejeti publik.”

Membelejeti publik ? tentu saja, ini adalah hakikat sejati bisnis dan politik, meskipun isi pikiran itu barangkali bisa diutarakan dengan tidak sedemikian vulgar. Tetapi siapa yang berani mendebat Lincoln ? Membelejeti publik ? Tentu saja. Bukankah sasaran kapitalisme adalah untuk semakin memperkaya orang yang mempunyai uang untuk diinvestasikan, dengan kata lain, orang yang memang sudah kaya.

Itulah sebabnya anak anak kaya biasanyamerasa enak mempunyai ayah yang mewariskan jackpot pada mereka. Itu juga alasan mengapa lebih baik menjadi kaya dari pada miskin dibawah sistem kapitalisme.

Di negara Indonesia ini, yang nota bene memasuki era pemerintahan yang baru, mungkin ada baiknya kita sedikit merenung lagi… Ingat urusan kita dengan perbankan, ingat urusan dengan kredit yang digembar gemborkan… Ingatlah… disemua negara, orang yang berkuasa mencintai kapitalisme… Mereka semua adalah anak anak bangsa yang manis yang dilihat dari sudut pandang yang lain, sungguh… kita semua pada akhirnya akan dibelejeti….

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s