Pendaratan Normandia

Posted: August 1, 2010 in history - another story of our world

Tanggal 6 Juni 2010 yang lalu adalah peringatan ke 66 sejarah pendaratan yangf paling terkenal yaitu Pendaratan Tentara Sekutu di pantai Normandia. Peristiwa ini sampai di film kan pada pembukaan film Saving Private Ryan. Pendaratan ini adalah operasi pendaratan invasi Sekutu di Normandia, juga dikenal sebagai Operasi Neptunus dan Operasi Overlord, selama Perang Dunia II. Pendaratan dimulai pada Selasa, 6 Juni 1944 (D-Day), mulai pukul 06:30 Double British Summer Time (UTC +2). Dalam perencanaan, D-Day adalah istilah yang digunakan untuk hari pendaratan sebenarnya, yang tergantung pada persetujuan akhir.

Serangan ini dilakukan dalam dua tahap: serangan pasukan paratroopers (penerjun payung) dari Amerika, Inggris, Kanada dan pasukan udara pembebasan Prancis sejumlah 24.000 orang tak lama setelah tengah malam, dan pendaratan amfibi infanteri Sekutu dan divisi lapis baja (altileri, kavaleri, tank) di pantai Perancis dimulai pada 06:30. Ada juga anak ‘serangan’ mount bernama Operasi Glimmer dan Operasi Taxable untuk mengalihkan perhatian pasukan Jerman dari wilayah pendaratan yang sebenarnya.

Operasi amfibinya adalah invasi terbesar sepanjang masa, dengan lebih dari 160.000 [5 pendaratan tentara] pada tanggal 6 Juni 1944. kapal yang berjumlah 195.700 , Sekutu personil angkatan laut dan angkatan laut pedagang di lebih dari 5.000 [5 terlibat. Invasi ini memerlukan pengangkutan tentara dan bahan-bahan dari Britania Raya oleh pasukan pesawat dan kapal, blokade Selat Channel, dukungan udara angkatan laut dari Selat Inggris dan dukungan tembakkan dari laut. Pendaratan berlangsung sepanjang hamparan 50 mil (80 km) dari pantai Normandia, dibagi menjadi lima sektor: Utah, Omaha, Gold, Juno dan Sword.

Sumber : forum

Leave a comment